Kamis, 16 Januari 2014

Internasionalisasi Bahasa Indonesia



Bahasa Indonesia adalah bahasa kebanggaan bangsa, hal ini dibuktikan dengan masih digunakannya bahasa Indonesia sampai sekarang ini. Berbeda dengan negara-negara lain yang terjajah, mereka harus belajar menggunakan bahasa negara persemakmurannya. Meskipun pada saat ini bahasa Indonesia sudah mulai terkikis. Dapat dilihat bagaimana penggunaan bahasa Indonesia oleh muda-mudi saat ini. Masyarakat banyak yang berdalih bahwa bahasa itu yang paling penting adalah lawan bicara mampu memahami informasi yang disampaikan dan tidak harus menggunakan bahasa yang baik dan benar. Penyimpangan bahasa Indonesia sekarang ini juga karena terkontaminasi oleh bahasa asing yang bahkan lebih popular dan banyak diimplementasikan dalam percakapan sehari-hari.

Sebagai ujung tombak generasi bangsa,  saya sangat mendukung penuh upaya perwujudan bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional. Ketika bahasa Indonesia mampu menjadi bahasa internasional tentunya akan berpengaruh positif bagi kemajuan bangsa ini, baik itu arah progresif dari segi pembangunan, ekonomi, politik, dan sebagainya. Namun untuk mewujudkan semua itu tidaklah seperti membalikkan telapak tangan, perlu pembenahan dari hal yang paling dasar dalam mewujudkannya, seperti pembiasaan pemakaian bahasa baku atau standar dalam lingkup keilmuan atau akademisi.
Perkembangan teknologi informasi sangat mendukung berkembangnya pemakaian sebuah bahasa. Media-media yang ada tentunya menjadi wadah positif bahasa sebagai alat komunikasi publik. Selain sisi fakta aktual yang sudah terluhat dari perkembangan, bahasa Indonesia harus memenuhi syarat-syarat untuk menjadi bahasa Internasional. Bahasa Indonesia harus digunakan dalam bahasa diplomasi dan perdagangan internasional. Kemudian harus berperan besar dalam penyebaran ilmu pengetahuan.
Penurunan penggunaan bahasa Indonesia tentunya menjadi cambuk untuk masyarakat Indonesia. Bumbu-bumbu manis akan keagungan bangsa dan bahasa Indonesia cukup membuat kita lupa untuk berpikir maju. Sudah saatnya kita mengintropeksi diri, melihat segala peluang, dan mengembangkan segala potensi yang kita miliki. Harumkan negara Indonesia dengan menjunjung tinggi bahasa persatuan kita menuju internasional, bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar