Kamis, 16 Januari 2014

Pendidikan dalam Mengusung Neomodernisme Islam



Judul Resensi              : Pendidikan dalam Mengusung Neomodernisme Islam
Judul Buku                  : Pendidikan Neomodernisme (Telaah Pemikiran Fazlur Rahman)
Penulis                         : M. Rikza Chamami, M.Si.
Penerbit                       : Walisongo Press
Tahun Terbit                : 2010
Tebal Halaman            : xvi + 224 halaman
Resensator                   : Umi Mukaromah (123111157-PAI 3D)

Pendidikan dalam Mengusung Neomodernisme Islam
Telaah Pemikiran Fazlur Rahman dalam sebuah buku yang berjudul “Pendidikan Neomodernisme” karya M. Rikza Chamami, M.Si. merupakan buku yang berisi intelektualisme dan pendidikan Islam dalam upaya pencarian basis metodologis intelektualisme dan pendidikan Islam, yang digali dari sosok yang telah bekerja keras untuk mencari jembatan antara Islam dan kemajuan dunia modern. Penelusuran terhadap karya-karya Fazlur Rahman sangat urgen dalam rangka mencari benang merah gagasan dan pemikirannya, serta relevansinya dengan konsep pendidikan. Dalam buku ini, penulis mengupas sebagian dari isi karya Fazlur Rahman tersebut.
Pendidikan bagi Fazlur Rahman adalah pokok utama yang harus dikedepankan dalam semua bentuk pembaharuan Islam. Adapun esensi dari pendidikan bagi Fazlur Rahman adalah intelektualisme Islam. Seorang pemrakarsa neomodernisme ini juga menyatakan bahwa pendidikan baginya menempati posisi yang sangat penting dalam perilaku beragama Islam. Salah satu yang menjadi pemikirannya dalam mengusung neomodernisme Islam adalah pendidikan Islam. Dari kajian ini, muncul berbagai pemikiran pendidikan yang berbeda dengan tokoh lainnya. Apalagi peta pemikiran didasarkan pada studi tentang pembaharuan Islam yang dimulai dari masa pramodern, modern, hingga neomodern. Karenanya dalam kajian buku ini juga dibahas tentang implikasi pemikiran neomodernisme dalam pendidikan Islam.
Perubahan dunia dipandang sebagai sebuah tuntutan zaman yang bersifat dinamis.  Keadaan-keadaan demikianlah yang mendorong Fazlur Rahman ikut berpartisipasi menyelesaikan problem pendidikan dalam Islam. Dengan solusi memajukan pendidikan, Islam akan tampil dengan wajah cantik dan kaya akan khazanah intelektual.
Dalam buku ini, Fazlur Rahman menyatakan konsep pembaharuannya: “Pembaharuan Islam yang bagaimanapun yang mau dilakukan sekarang ini, mestilah dimulai dengan pendidikan. Walaupun suatu orientasi yang islamis mesti diciptakan pada tingkat pendidikan primer, tapi pada tingkat tinggilah Islam dan intelektualisme modern harus diintegrasikan untuk melahirkan suatu waltanschauung Islam yang asli dan modern.” Pernyataan tersebut menandakan bahwa selama proses pembaharuan dijalankan, maka hal yang paling diprioritaskan adalah pendidikan. Pendidikan memang sangat ampuh sebagai terapi dari segala macam penyakit sosial.
Tokoh dari keluarga ulama bermadzhab Hanafi ini juga memberi pernyataan bahwa suatu bentuk pengembangan pemikiran Islam yang tidak berakar dalam khazanah pemikiran Islam klasik atau lepas dari kemampuan menelusuri kesinambungannya dengan masa lalu adalah tidak otentik. Fazlur Rahman banyak memberi dorongan tentang pembaharuan pendidikan Islam. Baginya, pembaharuan merupakan satu-satunya solusi yang handal untuk bisa mengeluarkan Islam dari kemiskinan. Sehingga tidak salah jika sepanjang karier intelektualnya, banyak diyakini bahwa Fazlur Rahman telah memberikan sumbangsih didunia, tentang wacana keislaman modern. Fazlur Rahman benar-benar ingin sekali menciptakan sebuah iklim Islam yang benar-benar responsif terhadap perkembangan dunia. Alasan yang ditekankan adalah mengenalkan kepada publik bahwa Islam mampu menjawab tantangan intelektual dan spiritual.
Neomodernisme menjadi kajian yang menarik dalam studi Islam. Sebab Fazlur Rahman mencoba untuk mendialogkan antara sesuatu yang lama dengan sesuatu yang baru. Kelebihan dari buku ini adalah terdapat bab tersendiri yang mengulas seluruh bab-bab yang telah dipaparkan yaitu berupa kesimpulan. Sehingga sangat membantu pembaca untuk lebih memahami substansi buku. Selain itu terdapat beberapa rekomendasi yang berisi harapan-harapan penulis kepada berbagai pihak. Namun, pembahasan-pembahasan dalam buku ini kurang spesifik, jadi pembaca belum tentu dapat menguasai secara rinci isi dari buku ini.
Selain itu, masih sangat diperlukan penjabaran lagi serta dicantumkan contoh-contoh nyata dalam kehidupan. Dengan demikian pembaca dapat memahami aplikasi-aplikasi dari teori-teori yang sudah dijelaskan. Semoga dengan adanya buku ini dapat memberikan support dan meningkatkan semangat kepada pembaca terutama di kalangan mahasiswa untuk lebih menggali ilmu pengetahuan sehingga mampu menghasilkan karya-karya besar dan bermanfaat seperti penulis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar